Blog

First blog post

This is your very first post. Click the Edit link to modify or delete it, or start a new post. If you like, use this post to tell readers why you started this blog and what you plan to do with it.

Advertisements

Tips Memancing Mangrove Jack / Mangar

 atau lebih dikenal masyarakat jogja dengan nama Mangar dengan nama gaulny  Tips Memancing Mangrove Jack / Mangar
ikan mangar / mangrove jack

   


     
Mangrove jack atau lebih dikenal masyarakat jogja dengan nama Mangar dengan nama gaulny β€œMas Jo” merupakan ikan predator yang hidup di air payau. Ikan mangrove jack juga dikenal dengan nama kakap bakau, ya ikan mangrove jack masih bersaudara dengan ikan kakap.
  Ikan mangrove jack bersembunyi dan mencari mangsa di dalam karang atau bebatuan. Ikan mangrove jack juga berhabitat di daerah hutan bakau maka juga di kenal dengan nama kakap bakau. Walaupun termasuk ikan predator ikan ini merupakan ikan yang malas, tidak suka mengejar mangsa yang lari jauh dari bebatuan atau sarangnya. Ikan mangrove jack lebih banyak mengahbiskan waktunya di didalam sarang ketika siang hari.
Ikan mangar sering kali terlihat keluar masuk karang atau hanya berdiam diri menunggu mangsa. Ikan mangar berukuran kecil bergerombol dalam mencari mangsa, sedangkan ikan mangar berukuran besar cenderung mencari makan secara individu.
Tips memancing Mangrove jack

Alat
Untuk joran atau rod saya lebih suka menggunakan type heavy atau kaku, mengingat perlawanan dari ikan mangrove jack bisa membuat kita berkeringat. Untuk panjang menyesuaikan spot mancing. Biasanya joran yang digunakan memiliki panjang 180-210 cm.
Usahakan gunakan sekecil mungkin pemberat atau cukup gunakan timah lipat ketika memancing mangrove jack. Yang penting umpan dapat tenggelam dan tidak terbawa arus sungai. Gunakan timah besar ketika atus deras atau benar benar diperlukan. Timah berat juga digunakan ketika mengincar sarang mangrovve Jack di tengah sungai.
Gunakan senar monoline dengan ukuran lebih dari 0.35 dan jikalau menggunakan PE atau braided line untuk memancing ikan mangar minimal gunakan PE 1.5. di rekomendasikan menggunakan senar mono berukuran 0.50mm atau PE 2.
Bawa kail dan senar lebih, alasannya yaitu ikan mangrove jack setelah memakan umpan akan pribadi menuju tempat persembunyian yaitu di bebatuan atau pepohonan bakau, jadi resiko putus sangat besar.
Untuk kail sebisa mungkin gunakan kail dengan ukuran lebih dari ukuran 8 menyesuaikan besar umpan. Menurut pengalaman saya, ikan mangrove jack tetap mau makan meski kail lebih besar dari umpan. Jika ukuran kail terlalu kecil sering kali ikan mocel atau lepas.
Umpan
     Gunakan umpan hidup : udang, wader/ tawes /melem/lukas(recommended), betik, nila, sepat(recommended). Sebetulnya ikan ikan mangrove jack akan memakan semua jenis ikan maupun hewan air, dari beberapa orang yg saya temui pernah ada yg menggunakan undur undur, anak katak bahkan cacing pun diembat oleh ikan mangrove jack. Beberapa pemancing juga menggunakan rempelo ayam sebagai umpan. Tetapi saya lebih menyukai menggunakan umpan ikan wader atau ikan sepat.
  Lokasi dan Waktu memancing
 Cari spot yang berkarang atau bebatuan, ikan ini juga senang berada ditumpukan kayu. Lempar umpan dipinggiran saja atau di bersahabat bebatuan, akar bakau atau sampah kayu.
Biasanya ikan ini Galak ketika matahari terbenam dan matahari terbit. Tak jarang ketika senja atau di pagi buta ikan ini mengejar makan hingga ke permukaan air.
Kondisi air yg mengagumkan ketika air terlihat kemerahan, biasanya pada demam isu kemarau. Di mana makanan di alam liar ketika itu sulit alias kakap bakau akan kelaparan. Ketika demam isu penghujan, pada saat air ngleri yaitu air agak keruh kebiruan ibarat air cucian beras ikan mangar juga sangat galak.
Ikan laut dan ikan muara biasanya akan susah makan ketika airnya masbodoh termasuk ikan mangrove jack.  Tetapi sebaliknya ketika airnya hangat ikan ini sangat agresive. Kaprikornus silahkan cek suhu air sebelum memancing ikan mangar.
Jika memancing di malah hari, usahakan jangan memberi penerangan ke sungai, alasannya yaitu ikan ini sangat peka sekali dengan cahaya. Dan gunakan senter atau sumber cahaya lainya seminim mungkin.

Tips Casting Mangar / Mangrove Jack

     
Ikan Mangar atau Kakap Bakau merupakan salah satu target casting  di muara,  tidak dapat dipungkiri, ikan yang juga di kenal dengan nama mangrove jack ini memiliki tarikan yang luar biasa. Berbeda dengan ikan predator muara lainya yang cenderung berada di permukaan air, ikan mangrove jack lebih sering menghabiskan waktunya di dasar air atau bersembunyi di balik bebatuan. Langsung saja berikut ini tips casting ikan mangrove jack.
 Ikan Mangar atau Kakap Bakau merupakan salah satu target casting Tips Casting Mangar / Mangrove Jack     
Ketika casting mangrove jack gunakan joran fast tapper dan heavy untuk mengimbangi kekuatan ikan. Joran dengan panjang 180cm-210 cm sangat cocok untuk casting di sungai ataupun muara sungai. Selain lemparan umpan palsu mampu jauh, joran dengan panjang tersebut akan memudahkan ketika menghajar ikan yang lari kearah bebatuan. Dianjurkan menggunakan joran yang lebih pendek bila spot terdapat banyak pohon atau hutan bakau.
Untuk casting ikan yang lebih dekat di panggil mangar ini dianjurkan menggunakan rell dengan ukuran 2000. walaupun setiap merk rell memiliki standar yang berbeda beda, tetapi pada umumnya ukuran 2000 sudah cukup untuk mengatasi perlawanan ikan dan juga tidak terlalu besar. Ukuran reel yang besar dan berat akan memiliki efek cepat lelah di tangan ketika casting mangar. Reel pancing yang berukuran kecil akan sulit untuk mengimbangi perlawanan ikan mangar berukuran besar.
Gunakan Pe 2 dan dengan leader monoline berukuran 0.40- 0.50mm. Ukuran senar yang terlalu kecil memiliki resiko putus yang besar. Mengingat habitat ikan ini di bebatuan dan di akar pohon bakau. Seringkali ikan mangar akan pribadi menuju daerah persembunyianya di bebatuan atau pepohonan, di resiko putuspun amat besar bila senar atau kenur yang digunakan terlalu kecil.
Jenis lure yang direkomendasikan untuk casting ikan mangrove jack adalah jenis minnow. Minnow merupakan umpan buatan yang biasanya terbuat dari kayu atau plastik yang dibentuk ibarat ikan dan terdapat lidah/lips yg berfungsi supaya umpan buatan dapat berenang kedalam air dan bergerak mirip ikan. Mengingat ikan mangar lebih sering menghabiskan waktu di dasar air.
Pilihlah minnow tipe singking atau yang  dapat menyelam cukup dalam dengan slow retrieve atau cukup dengan ditarik perlahan.  Biasanya atau ciri minnow yang di sukai ikan mangar memiliki lips/lidah yang  panjang.   Ukuran minnow tergantung besar target ikan mangar 5-9 cm, direkomendasikan ukuran 7cm
    Retrieve minnow pelan, sesuai huruf ikan mangrove jack yang malas, tidak suka mengejar mangsa terlalu jauh dari sarang. Retrieve searah atau menyusuri karang atau bebatuan di sungai(hati hati resiko tersangkut sangat besar) alangkah baiknya gunakan minnow dengan harga murah terlebih dahulu untuk survey spot tersebut.  Ikan mangar juga sering bersembunyi di balik kayu atau akar pohon. Anda dapat melempar lure disekitarnya.
Waktu yg paling cantik ialah ketika matahari terbit dan matahari terbenam. pada jam jam tersebut ikan mangrove jack aktif mencari mangsa. Tidak jarang ikan mangrove jack naik keatas permuakaan air mengejar mangsanya pada ketika saat tersebut. Ketika siang hari ikan mangar lebih sering bersembunyi dan jarang sekali mau menghajar umpan yang kita.
Selain itu, ikan ikan mangrove jack juga akan keluar sarang ketika air angkat pasang maupun angkat surut.

Spot favorit mancing mangrove jack saya di Yogyakarta ialah muara sungai Serang di Glagah, dan muara sungai Bogowonto di Congot.

Tips Memancing Malam Hari

Mancing malam hari memang menantang dan sangat mengasyikan. Di mana dalam keadaan gelap gulita kita harus merangkai pancing, memasang umpan dan mengatasi perlawanan ikan. Memancing malam hari mampu menjadi alternatif memancing bagi anda yang takut hitam alasannya ialah sengatan sinar matahari.


Mancing malam hari memang menantang dan sangat mengasyikan Tips Memancing Malam Hari

ya, menyerupai yang saya sebutkan tadi, salah satu alasan seseorang melaksanakan aktifitas mancing di malam hari alasannya ialah takut kulitnya hitam atau tidak betah terkena sengatan sinar matahari. Selain itu kesibukan bekerja di siang hari sehingga tidak ada waktu luang untuk memancing kecuali di malam hari. Tetapi hal yang menjadi alasan utama pemancing mancing di malam hari ialah beberapa jenis ikan target efektif di pancing di malam hari sepert ikan sidat, luthok, surung, ikan pari, ikan baung atau sogo sebagainya.

tentunya mancing di malam hari berbeda dengan mancing di siang hari. dalam keadaan gelap kita harus merangkai, mamsang umpan , menentukan spot dan mengatasi perlawanan ikan. selain itu binatang binatang buas dan berbisa banyak yang keluar di malam hari. Berikut ini merupakan beberpa tips mancing di malam hari:

1. Alangkah baiknya sebelum memancing, kita tahu betul spotnya, paling tidak siang hari sebelum memancing, kita survei lokasi memancing terlebih dahulu. Sehingga kita dapat mengetahui posisi paling nyaman dan aman saat memancing.


2. Jika memancing di laut pinggiran atau pasiran kita hafalkan letak lebeng maupun plataran, kita mampu survey lokasi pada siang hari. Karena seringkali posisi dari lebeng sering berubah, hal ini juga dipengaruhi kondisi ombak. Apalagi saat ombak sedang besar, posisi di mana lebeng (bagian yang dalam) dapat berubah dengan cepat.

3. Jangan lupa bawa pisau, gunting, korek, lampu senter dan jas hujan serta perlengkapan memancing lainya tidak boleh ketinggalan. Perlengkapan wajib dan komplemen harus di pastikan kelengkapanya sebelum berangkat. Beberapa toko pancing tidak buka di malam hari. Jangan lupa membawa bekal makanan.

4. Hindari memancing sendirian, terutama jikalau gres pertama kali memancing malam hari maupun gres pertama kal menginjakan kaki di spot tersebut. Bwalah sahabat minimal satu orang. Bagi anda yang takut keluar malam atau hantu, memancing sebaiknya memancing bersama rombongan atau di daerah yang ramai.

5. Gunakan penerangan (senter/korek) seperlunya dan seminim mungkin, selain dapat menakuti ikan tertentu, hal ini juga berpotensi memancing kedatangan ular. Termasuk rokok, jangan letak kan sembarangan dan sebaiknya jangan merokok. Bara dari rokok akan memancing perhatian dari ular berbisa.

6. Jangan lupa gunakan sepatu boot, sarung tangan dan jaket. mungkin hal ini terlihat sepele, tetapi sangat besar manfaatnya. Sepatu boot ialah hal yang wajib terutama bagi anda yang memancing di kali. selain melindungi kaki dari batu, kayu atau benda lain , sepatu boot juga melindungi anda dari hewan yang tanpa sengaja mungkin anda injak, menyerupai ular atau kalajengking.


7. Hal yang paling penting ialah jangan lupa berdoa dan bersikap sopan dimanapun spotnya. Doa hal yang wajib anda lakukan sebelum memancing. Bersikaplah sopan, jangan hingga aktifitas memancing anda mengganggu istirahat penduduk yang sedang beristirahat.

8. Bawa obat obatan terutama minyak angin dan obat luka. Masuk angin ialah resiko yang paling diterima terutama bagi pemancing yang jarangatau belum pernah memancing di malam hari. maka dari itu minyak angin wajib anda bawa. Minyak angin juga dapat anda gunakan sebagai derma pertama jikalau terkena gigitan serangga.

Membuat Softlure Murah Meriah Dari Karet Pentil I

Soft lure merupakan umpan palsu atau lure yang memiliki tektur lunak yang biasanya terbuat dari karet. dalam blog ini akan di bagikan cara membuat softlure dari karet pentil. karet pentil merupakan karet berbentuk tabung yang biasa di gunakan pada dop sepeda.
Harga karet Pentil relatif murah dan biasanya tersedia dua warna yakni merah dan kuning. Saya merekomendasikan warna kuning. Tekstur dari karet pentil yang lunak dan elastis sangat pas dijadikan umpan palsu jenis softlure. Soft lure ini sangat killer untuk ikan kuro atau juga dikenal dengan aneka macam nama surung, laosan dan threadfin salmon.
Softlure buatan tangan ini juga cocok untuk memancing beberapa jenis ikan lainya, yakni baby gt dan talang.Bisa ditambahkan beberapa material komplemen untuk menarik ikan, menyerupai bulu bulu atau bungkus makanan yang terbuat dari alumunium foil.
Saking killernya softlure ini, aku biasa menggunakan untuk rockfishing dengan leader 0.50mm ikan tetap mau saja menyambar. Meskipun leader tersebut tergolong sangat besar untuk target ikan dibawah satu kilogram.
Alat dan Bahan Membuat Softlure Murah Meriah Dari Karet Pentil I
1.       Karet pentil warna kuning
2.       Karet pentil warna merah
3.       Gunting
4.       Senar
5.       Kail, ukuran menyesuaikan jenis ikantarget
6.    Stopper
      Cara Membuat Softlure Murah Meriah Dari Karet Pentil I
1.       Bagian 1
       a.       Potong karet pentil warna kuning sepanjang 4 cm
       b.      Lalu potong memanjang menjadi dua episode sepanjang 3cm.
       c.       Langkah selanjutnya potong memanjang tiap episode menjadi 4, dengan panjang 2,5 cm 
2.       Bagian 2
        a.       Potong karet pentil warna kuning sepanjang 3 cm
        b.      Lalu potong memanjang menjadi dua episode sepanjang 2,75 cm.
        c.       Langkah selanjutnya potong memanjang tiap episode menjadi 4, dengan panjang 2,75 cm
3.       Bagian 3
        Potong karet pentil warna merah sepanjang 0.25 cm.
4.       Tahap akhir
         a.       Rangkai kail 1 atau 2 (sesuai selera, untuk target ikan surung dianjurkan 2) dengan senar .
         b.      Susun episode belahan softlure ke senar dengan urutan : episode 3 – episode 2 – episode 1-kail
         c.       Terakhir kunci rangkaian tersebut dengan stopper.
 Soft lure merupakan umpan palsu atau lure yang memiliki tektur lunak yang biasanya terbua Membuat Softlure Murah Meriah Dari Karet Pentil I
Membuat Softlure Murah Meriah Dari Karet Pentil I

Softlure siap digunakan πŸ˜€
BACA : 
Seamat Mencoba πŸ˜€
Walau sederhana, softlure ini killer lho. Dapat digunakan untuk target ikan baby GT, surung, talang dan lain sebagainya.

Rockfishing menggunakan softlure




   Apa mungkin softlure yang juga disebut dengan soft bait atau soft plastics dapat digunakan untuk rockfishing atau mancing karangan? Tentu saja bisa. Berikut ini merupakan rangkain softlure untuk rock fishing atau mancing karangan. Selain itu rangkaian  softlure untuk mancing karangan ini juga dapat digunakan untuk surf casting.

 Apa mungkin softlure yang juga disebut dengan soft bait atau soft plastics dapat digunaka Rockfishing menggunakan softlure
rangkaian Softlure

Banyak yang bertanya fungsi mono line 0.70 mm. Kaprikornus fungsi monoline tersebut sebagai pelindung PE dari tabrakan kerikil karang atau pasir. Sehingga PE tidak cepat rusak, mengingat harga PE yang cenderung lebih mahal di banding senar mono.

Untuk kail pada softlure di sesuaikan dengan ikan target. Misal targetnya baby gt cukup menggunakan kail type 1053 dengan ukuran 7. Jika target casting ikan surung lebih efekrif menggunakan kail dengan ukuran 9-10.

Berat timah atau pemberat mampu diadaptasi dengan selera. Timah dengan berat 50gram aku anggap efektif sebab ukuranya yang tidak terlalu berat sehingga tangan tidak mudah capek akan tetapi sudah sangat memungkinkan untuk melempar jauh.

Rangkaian tersebut memungkinkan kita untuk menggunakan softlure dengan jangkauan yang jauh serta memungkinkan kita casting dari keinggian.

Jarak antara timah dengan softlure di buat jauh semoga besar timah yang digunakan tidak mensugesti action dari softlure itu sendiri. Apalagi di spot mancing karangan atau pasiran, softlure tersebut dapat bergerak bebas mengikuti arus air dan ombak sehingga terlihat natural ibarat ikan kecil yang berenang bebas.

Bagamana bila menggunakan leader lebih kecil? Tentu saja mampu dan kemungkinan ikan menyambar pun lebih besar. Akan tetapi bila digunakan untuk rockfishing atau memancing dipemecah ombak kemungkinan putus akan sangat besar saat digunakan untuk mengangkat ikan. Dimana tabrakan antara leader dengan bebatuan sangat sulit untuk dihindari.


rangkain ini sering digunakan pemancing rock fishing atau karangan dan para pemancing di pemecah ombak pantai glagah. Rangkian softlure atau softbait untuk karangan ini biasa digunakan untuk target ikan talang, caru/GT , surung,dll dengan ukuran dibawah 1 kg.

Kreasi Soft lure dari Karet Pentil Murah – DIY


Berikut ini merupakan cara membuat soft lure atau juga sering disebut soft bait atau soft plastic yang merupakan salah satu jenis umpan tiruan. Upan Softlure memiliki ciri utama berupa tekstur yang lunak atau kenyal, hal inilah yang membedakan softlure dengan jenis lure lainya. Bahan yang digunakan masih sama dengan  Membuat Softlure Murah Meriah Dari Karet Pentil I yaitu karet pentil sepeda. Akhir final ini soft lure banyak digunakan para pemancing. 

atau soft plastic yang merupakan salah satu jenis umpan tiruan Kreasi Soft lure dari Karet Pentil Murah - DIY
Kreasi Soft lure dari Karet Pentil Murah – DIY


Umpan jenis Soft lure memang sangat efektif untuk ikan predator berukuran kecil atau berukuran dibawah 1 kg. Tetapi tidak jarang ikan monster juga ikut menyambarnya. Ya, dikala menggunakan umpan jenis ini sebagian besar dari kita tidak menggunakan rangkaian yang ditujukan untuk ikan besar

Senar putus dan Softlure dibawa kabur ikan harus kita terima dengan lapang dada. Bagi kantong pelajar menyerupai aku ini mungkin itu sebuah masalah, apalagi harga softlure semakin mahal. 

Untuk kreasi softlure yang satu ini membutuhkan kejelian mata dan ketelatenan, tetapi lebih irit lho :D. dengan pentil sepanjang 1 m mampu menghasilkan lebih dari 10 buah softlure lho.


Untuk membuat softlure ini yang kita butuhkan ialah karet pentil warna kuning dan warna merah serta stopper. Karet pentil warna merah dapat di ganti dengan karet pentil fosfor atau karet pentil yang menyala dalam gelap.
   
Pertama tama kita potong dulu pentil warna kuning sepanjang 4 cm. setelah itu potong softlure sehingga berbentuk sepiral sepanjang 3 cm (liat pada gambar).




    Terakhir kita susun dengan urutan kail-pentil warna kuning-pentil warna merah (0.25 cm). jangan lupa di kunci menggunakan stopper. 

Softlure siap digunakan. anda dapat menggabungkan softlure ini dengan bulu ayam atau alumunium foil. mampu juga di gabungkan dengan spinner dan juga metaljig. Sesuai dengan kreasi anda.

Softlure inicocok untuk jenis ikan baby gt, talang dan beberpa jenis ikan predator dengan ukuran di bawah satu kilogram, selamat mencoba :D.

ada kritik dan saran, silahkan tinggalkan komentar anda.

Tips Trik dan tehnik Memancing Pasiran Di Yogyakarta




                Memancing pasiran atau sering di juga disebut memancing pinggiran atau surffishing yaitu memancing dari pinggir pantai. Kita dapat pemancing pasiran di sepanjang pantai di Yogyakarta. Memancing pasiran memiliki kenikmatan dan keasyikan tersendiri. Salah satunya kita dapat menghajar ikan cecara leluasa tanpa takut tersangkut, ya mungkin hanya tersangkut sampah lewat atau pun senar milik pemancing lain ,hhe.


Target


Target memancing pasiran antara lain Ikan gatho, surung, gatepan, GT, bojor, somanganti dan lain sebagainya


Umpan.

Kita dapat menggunakan cacing lure, udang, keong, jingking, ataupun undur undur. Cacing lure banyak yang jual secara online maupun offline. Khusus undur undur masih jarang yang jual, undur undur dapat kita temui di sepanjang pantai di Yogyakarta dan jawa tengah, khusus Kulon Progo dan Purworejo. Undur undur ada beberapa jenis yaitu bathok, klathak dan kethek. Terlepas dari tiga jenis tersebut ada yang namanya undur undur henjuri.

Undur undur genjuri yaitu undur undur yang sedang ganti kulit/cangkang. Undur undur genjuri lebih empuk dari undur undur biasanya. Umpan satu ini merupakan umpan favorit sebagian besar pemancing pasiran di Yogyakarta termasuk saya. Karena undur undur genjuri β€œkiller” untuk segala jenis ikan dan ukuran.


Tehnik mencari undur undur ini dengan cara mengeruk pasir  sedalam 0 – 30 cm. Untuk mencari titik dimana undur undur berada kita mampu lihat ketika ombak surut. Ketika ombak datang undur undur akan keatas mencari makan, dan ketika surut akan terlihat menyerupai ada batu masuk pasir di bibir pantai. Untuk yang terihat menyerupai batu biasanya undur undur yang keras, untuk yang genjuri ada dibagian atasnya. Kita harus cepat cepat mengeruk pasir sebelum ombak datang kembali. untuk gambarnya tunggu update selanjutnya ya


Alat 


Joran 


Joran yang biasa digunakan yaitu joran dengan panjang 2-4,5 m. tiap pemancing memiliki selera tersendiri mengenai panjang joran, tetapi yang umum digunakan panjang 3,9m dan 4,2 m. saya sendiri menggunakan joran ukuran 3,6m. jangan Lupa pilih joran yang kaku alasannya pemberat yang kita gunakan diatas 50 gram. Usahakan beli joran yang ringan dan kuat, saya lebih merekomendasikan joran tipe patahan dari pada tipe teleskopik atau antenna.

Reel 


Reel yang umumdigunakan yaitu reel dengan ukuran 3000 – 12000. Untuk pilihan kembali lagi ke selera pemancing, tetapi saya rekomendasikan ukuran 5000- 8000. Sama dengan joran jika reel pasiran saya cenderung memilih yang ringan dan cukup untuk menampung senar 0.25 sepanjang 300m.

Senar


 Gunakan senar monoline. Banyak dijumpai di banyak blog yang menganjur kan PE. Tetapi saya sangat tidak dianjurkan menggunakan senar jenis PE, senar PE dianjurkan dikala casting, rockfishing maupun mincing di laut.  Alasanya PE mudah rusak terkena ukiran pasir. Selain itu PE mudah terbawa angin dan arus / β€œblender”. Kecuali anda berburu ikan Giant Trevally  Gunakan monoline dengan ukuran 0,25 – 0.28 mm untuk ukuran ikan dibawah 1kg dan 0.28-0.35 mm untuk target ikan besar.  Semakin kecil senar semakin nyaman tetapi repot ketika menghajar ikan besar. Saya sendiri menggunakan senar monoline ukuran 0.25 mm, cukup berpengaruh untuk menarik ikan bobot 2kg. untuk mencar ilmu saya rekomendasikan ukuran 0.30 mm.

Pemberat.

Pemberat yang digunakan ukuran 60 gram hingga 200 gram. Saya sendiri lebih suka menggunakan ukuran 70 atau 80 gram tergantung kondisi angina dan arus.


Kail


Kail yang digunakan banyak sekali macam jenis, tiap pemancing memiliki jenis dan merk kail favorit masing masing. Untuk target ikan dibawah satu kilogram cari lah kail yang tajam, kekuatan nomer dua. Dengan ukuran 3-5. Tiap jenis dan merk kail memiliki ukuran tersendiri, di kira kira aja ya sahabat :D. untuk target ikan ukuran jumbo alias gedhe, berukuran satu kilogram ke atas gunakan kail yang kuat, ketajaman nomer dua,dengan kail ukuran 6-10.


Rangkaian

Untuk ikan dibawah 1 kg efektif menggunakan renteng 3- 4. Retengan mampu kita buat dengan simpul T tapi saya sangat merekomendasikan menggunak swivel tiap rentengnya semoga leader tidak mudah kusut.  Untuk ikan diatas 1 kg mampu menggunakan renteng 2 atau rangkaian engkel,

Memancing pasiran atau sering di juga disebut memancing pinggiran atau surffishing yaitu  Tips Trik dan tehnik  Memancing Pasiran Di Yogyakarta
rangkaian pasiran




Sekian tips dari saya, untuk pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. 

keyword: mancing pasiran, rangkaian mancing pasiran, mancing dari pinggir laut, mancing di pantai, mancing pinggiran, surf fishimg, rangkaian atho, rangkaian bonjor, rangkaian ikan besar, rangkaian gt, rangkaian caru,durf fishing surf casting

Membuat Softlure untuk Casting Malam Hari

Ingin casting di malam hari? mampu saja, berikut ini merupakan cara membuat softlure yang menyala dalam gelap/glow in the dark softlure.

Umpan softlure ini sangat cocok untuk casting ikan gt dan surung atau kuro berukuran di bawah satu kilogram. Selain itu juga dapat digunakan untuk casting di air tawar, misalnya casting ikan hampala.

Alat dan Bahan
 Karet pentil fosfor
Karet pentil warna merah
 Gunting
Stoper
 Senar
 Kail (ukuran 7-10)
 Cara Membuat Softlure menyala dalam gelap
1.       Bagian 1
a.       Potong karet pentil fosfor sepanjang 4 cm
b.      Lalu potong memanjang menjadi dua bab sepanjang 3cm.
c.       Langkah selanjutnya potong memanjang tiap bab menjadi 4, dengan panjang 2,5 cm

 berikut ini merupakan cara membuat softlure yang menyala dalam gelap Membuat Softlure untuk Casting Malam Hari
2.       Bagian 2
a.       Potong karet pentil fosfor sepanjang 3 cm
b.      Lalu potong memanjang menjadi dua bab sepanjang 2,75 cm.
c.       Langkah selanjutnya potong memanjang tiap bab menjadi 4, dengan panjang 2,75 cm
 berikut ini merupakan cara membuat softlure yang menyala dalam gelap Membuat Softlure untuk Casting Malam Hari
3.       Bagian 3
Potong karet pentil warna merah sepanjang 0.25 cm
4.       Tahap akhir
a.       Rangkai kail 1 atau 2 (sesuai selera, untuk target ikan surung dianjurkan 2) dengan senar .
b.      Susun bab adegan softlure ke senar dengan urutan : bab 3 – bab 2 – bab 1-kail
 berikut ini merupakan cara membuat softlure yang menyala dalam gelap Membuat Softlure untuk Casting Malam Hari
c.       Terakhir kunci rangkaian tersebut dengan stopper.
 berikut ini merupakan cara membuat softlure yang menyala dalam gelap Membuat Softlure untuk Casting Malam Hari
Softlure siap digunakan πŸ˜€
Walau sederhana, softlure ini killer lho.

 berikut ini merupakan cara membuat softlure yang menyala dalam gelap Membuat Softlure untuk Casting Malam Hari
Soft lure ini efektif digunakan pada dikala bulan purnama. atau pada dikala matahari terbenam hingga jam 9.u umpan softlure yang menyala dalam delap ini sangat efektif di gunakan pada jam 3 pagi hingga matahari terbit.

Softlure ini banyak di jual di toko pancing. Dan tentunya harganya lebih terjangkau di banding softlure yang menyala dalam gelap buatan pabrik. Selamat mencoba

Penyebab Putusnya Senar dan Cara Mengatasinya

Seringkali kita di buat jengkel alasannya senar putus. Ya aneka macam faktor penyebab putusnya senar yang bahu-membahu dapat kita hindari. Ok eksklusif saja berikut beberapa faktor penyebab putusnya senar dan bagaimana cara mencegah semoga senar tidak putus.

Seringkali kita di buat jengkel alasannya senar putus Penyebab Putusnya Senar dan Cara  Mengatasinya


Ikan Besar 

Ya ikan besar merupakan alasan klasik saat senar putus. Sebenarnya senar putus akhir ikan yang besar dapat dicegah dengan menyesuaikan piranti dengan ukuran ikan target. Terutama ukuran dan kekuatan senar yang digunakan untuk memancing. Tetapi bagi pecinta surf fishing seringkali ukuran senar menjadi kendala, alasannya kalau terlalu besar akan sangat kuat alasannya faktor angin dan gelombang. Untuk mengatasi hal ini kita dapat menggunakan senar yang panjang dan atur drag sesuai kekuatan senar. Tentunya mencegah senar semoga tidak putus dengan cara ini juga membutuhkan kesabaran.

Senar Kusut

Jika senar kusut maka otomatis kekuatan senar akan berkurang. Selain memang beberapa merk senar mudah kusut, terdapat banyak faktor eksternal yang menghipnotis senar kusut. Apa lagi saat senar hingga membentuk simpul simpul(biasanya pada leader saat surffishing) kekuatan senar akan berkurang sangat drastis. 


Drag mati

Ya banyak pemancing pemula yang tidak mengerti fungsi drag. Umumnya para pemancing pemula akan mengatur drag pada posisi mati, padahal hal ini bukan hanya senar yang putus kalau disambar ikan akan tetapi pancing akan ikut masuk kesungai kalau senarnya cukup kuat. Jika memancing di tepi jurang, misalnya rock fishing, resiko pemancing tercebur pun besar.

 Simpul 

Ya seringkali simpul dianggap sebelah mata, padahal simpul pada kail maupun swivel yang asal asalan akan mengurangi kekuatan senar. Agar senar tidak putus alasannya faktor ini, buatlah simpul dengan benar.

Gigi Ikan

Beberapa ikan memang memiliki gigi yang cukup tajam, ibarat bawal, giant Trevally, tengiri , dll. Hal ini dapat kita atasi dengan memberi beberapa centimeter pe atau neklin pada leader. Untuk jenis ikan ibarat giant Trevally yang bukan hanya giginya yang tajam akan tetapi ekornya juga bisa memutus senar. Dianjurkan leader menggunakan neklin. Neklin dapat mencegah putusnya senar dimana gigi ikan akan berhadapan dengan neklin yang notabene terbuat dari logam.

Spot Berbatu 

Ya hal ini paling sulit diatasi. Pemilihan senar sangat kuat dalam hal ini. Pilih senar dengan kekuatan dan ukuran yang besar selain itu juga yang tahan terhadap gesekan. Dan sebisa mungkin ikan jangan hingga berenang kearah bebatuan.